3 Sosok Kunci yang Membawa Tottenham Kalahkan Ajax

Tottenham berhasil membuat sejarah besar. Mereka melangkah ke final Liga Champions setelah menyingkirkan Ajax.

Spurs melenggang ke final Liga Champions setelah mengalahkan Ajax dengan skor 3-2 di leg kedua babak semifinal. Dalam duel yang digelar di Johan Cruyff Arena, Kamis (9/5/2019) dinihari WIB, Spurs menang berkat hattrick Moura.

Ajax sejatinya sempat unggul 2-0 terlebih dulu lewat usaha Matthijs de Ligt dan Hakim Ziyech. Namun, tim tamu berhasil bangkit dan membalikkan keadaan melalui tiga gol Moura.

Kemenangan tersebut membuat agregat kedua tim menjadi 3-3. Sebab, pada pertandingan leg pertama lalu Ajax menang 1-0 di markas Spurs.

Namun, Spurs yang lebih berhak melaju ke final pada awal Juni mendatang. Itu karena tim asuhan Mauricio Pochettino tersebut unggul produktivitas gol di kandang lawan.

Setidaknya ada tiga pemain kunci yang berperan dalam kesuksesan Tottenham mengalahkan Ajax.

Setelah mengantarkan Spurs meraih kemenangan di perempat final Liga Champions melawan Manchester City, Son Heung-Min terkena suspensi pada pertandingan leg pertama melawan Ajax di London. Namun, pemain Korea Selatan iti berkontribusi besar bagi Tottenham di markas Ajax.

Son memang gagal mencetak gol dalam pertandingan tersebut. Namun setiap kali Spurs menyerang, Son adalah pemain paling efisien di dekat area penalti Ajax dan dia menciptakan beberapa masalah besar bagi pertahanan Ajax selama 90 menit penuh.

Sejak bergabung dengan Tottenham, pemain Korea Selatan itu sudah tampil cemerlang dan musim ini menjadi yang terbaik. Di markas Ajax, dia membawa Tottenham ke final Liga Champions tanpa kehadiran Harry Kane.

Dele Alli adalah bintang Tottenham lainnya yang mempunyai peran besar dalam kemenangan Tottenham melawan Ajax. Gelandang Inggris itu membuat dua assist dari tiga gol yang dicetak Lucas Moura.

Moura sama sekali tidak menyia-nyiakan peluang yang dibuat oleh Alli. Semuanya berkat kualitas bola yang dikirim oleh playmaker berusia 23 tahun tersebut.

Alli mampu meningkatkan permainannya ketika dibutuhkan dan dia jelas tampil mengesankan bagi tim tamu dalam pertandingan penting ini. Penampilannya juga membantu Tottenham mendapatkan tempat di final melawan Liverpool.

Lucas Moura merupakan pahlawan kemenangan Tottenham di markas Ajax. Pemain asal Brasil itu memborong tiga gol sekaligus untuk membalikkan keadaan bagi tuan rumah.

Gol-gol Moura itu tercipta pada menit ke-55, ke-59 dan yang paling penting saat injury time babak kedua (90+6). Tiga gol itu berhasil membalikkan keadaan setelah Spurs tertinggal lebih dulu lewat gol dari Matthijs de Ligt dan Hakim Ziyech.

Karena tiga gol dari Moura, Spurs berhasil melaju ke final Liga Champions pertama mereka di bawah Mauricio Pochettino. Mereka akan menghadapi sesama tim Inggris Liverpool di partai puncak di Madrid.

author

Author: